ANGGARAN PIUTANG

visit : www.raja.yukbisnis.com

ANGGARAN PIUTANG

Anggaran piutang adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang jumlah piutang perusahaan beserta perubahan-perubahannya dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang

Manfaat anggaran piutang bagi perusahaan sebagai berikut:

  • Merupakan upaya untuk meningkatkan omzet penjualan, sehingga keuntungan juga dapat ditingkatkan
  • Pada jenis usaha tertentu, kredit jangka panjang dapat menciptakan keuntungan tambahan tertentu bagi perusahaan
  • Dapat mempererat hubungan dagang antara perusahaan dengan relasinya

Dengan anggaran piutang dapat ditunjukkan hal-hal berikut ini :

  • Menunjukkan besarnya putang yang terjadi dari waktu ke waktu
  • Menunjukkan jumlah piutang yang tertagih dari waktu ke waktu
  • Menunjukkan sisa piutang yang belum tertagih ari waktu ke waktu selama periode yang akan datang

6 faktor yang perlu dipertimbangkan menyusun anggaran piutang :

  1. anggaran penjualan
  2. keadaan persaingan di pasar
  3. posisi perusahaan dalam persaingan
  4. syarat pembayaran yang ditawarkan perusahaan
  5. kebijakan perusahaan dalam penagihan piutang
  6. rencana perusahaan untuk melakukan penjualan secara kredit aktiva-aktiva lain, selain barang hasil produksinya.

Pengaruh penjualan kredit terhadap arus kas yaitu :

  • jangka waktu kredit itu diberikan
  • kerajinan dari petugas penagih hutang
  • mutu dari para debitur yang diperdaya membeli barang dagang kredit
  • situasi usaha pada umumnya

 

 

 

 

 

Contoh soal anggaran piutang

Rencana penjualan PT. X untuk tahun 2005 sebagai berikut :

JANUARI

3.500.000

TRIWULAN II 12.000.000

FEBRUARI

3.700.000 TRIWULAN III 10.500.000

MARET

4.500.000 TRIWULAN IV 11.250.000

Dengan komposisi 50% penjualan kredit dan sisanya penjualan tunai diketahui kerugian piutang tak tertagih (bad debts) 2% , hitunglah jumlah penjualan tunai dan penjualan kredit !

Keterangan

Penj. Tunai Penj. Kredit Bad debt Piutang Netto
50% 50%
JANUARI 1.750.000 1.750.000 35.000 1.715.000
FEBRUARI 1.875.000 1.875.000 37.000 1.837.000
MARET 2.250.000 2.250.000 45.000 2.205.000
TRI II 6.000.000 6.000.000 120.000 5.880.000
TRI III 5.520.000 5.250.000 105.000 5.145.000
TRI IV 5.625.000 5.625.000 112.500 5.512.500

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s